Aplikasi Kalkulator Menggunakan Framework .NET

Pada kesempatan kali ini, saya akan menunjukan cara membuat aplikasi kalkulator sederhana dengan menggunakan framework .NET dan dengan menggunakan bahasa C#. Dalam proses pembuatan aplikasi ini, saya akan menggunakan aplikasi Microsoft Visual Studio, yang akan saya singkat VS, sebagai IDE-nya. Buat teman-teman yang belum meng-install aplikasi tersebut, bisa melihat tutorialnya di sini.

Pertama, yang harus dilakukan adalah membuat project baru pada VS.


Pilih Windows Form App


Maka, akan muncul form seperti gambar berikut 


Kemudian tambahkan tool yang dibutuhkan. Kalian bisa mendapatkan tools tersebut pada toolbox.


Untuk mengosongkan label, kalian bisa double click pada window yang ada di form yang ada di layar seperti di gambar berikut


kemudian kalian bisa memasukkan code berikut :


Kalian bisa mengosongkan bagian yang saya highlight. Namun saya tidak mengosongkannya dengan alasan supaya lebih asik.

Kemudian, kalian tinggal melengkapi code-nya. Kalian bisa melihat code di bawah dan menjadikannya sebagai referensi. Dan berikut adalah beberapa screenshot penggunaan kalkualtor yang sudah saya buat.

Yap, begitulah tutorial yang dapat saya berikan ke kalian semua. Terima kasih sudah menyimak. Selamat mencoba! Pasti bisa kok!!!

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi "Hello World" Menggunakan .NET Framework

Final Project PBKK - Toko Jual HP Bekas Online

PORTOFOLIO PBKK B